Langsung ke konten utama

Sayur Wartel




Bukan Cuma untuk Mata, Ternyata Ini Segundang Manfaat Wortel!

May 27, 2020
Putri Prima Soraya


Selama ini kita tahu, kalau wortel punya manfaat untuk kesehatan mata. Sayur berwarna oranye ini memang punya banyak kandungan vitamin A yang dibutuhkan mata. Eh, tapi jangan salah, manfaat wortel bukan hanya itu saja lho. 

Ada segudang manfaat yang bisa kita rasakan dengan rutin mengonsumsi wortel. Selain untuk kesehatan mata, kandungan mineral, vitamin, dan serat dalam wortel membantu membuat tubuh lebih sehat, untuk perawatan tubuh, hingga pencegah penyakit kronis seperti kanker dan diabetes.

Ingin tahu beragam manfaat wortel? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Kandungan dalam wortel dan manfaatnya bagi tubuh

Mungkin kita hanya mengenal wortel berwarna oranye saja, padahal sejak pertama orang-orang mulai memakan wortel, yaitu sekitar 5000 tahun yang lalu, wortel berwarna ungu, merah, dan kuning. Wortel oranye seperti yang kita kenal hari ini baru berhasil dikembangkan sekitar tahun 1600-an. 

Wortel punya banyak kandungan baik itu mineral atau juga gizi, kandungan yang terkandung dalam wortel di antaranya:

1. Beta karoten

Ini merupakan karoten utama yang ditemukan dalam wortel oranye dan dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Karoten sendiri adalah zat dengan aktivitas antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko banyak penyakit.

2. Alpa karoten

Antioksidan yang sama seperti beta karoten, sebagian dari alpa karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. 

3. Lutein

Zat antioksidan satu ini sangat penting untuk kesehatan mata. Kandungan lutein bisa kita temukan dalam wortel oranye atau juga kuning.

4. Likopen

Antioksidan likopen ini umum kita temukan di sayuran dan buah, termasuk juga wortel. Likopen dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

5. Polyacetylenes

Polyacetylenes adalah salah satu senyawa bioaktif dalam wortel yang dapat membantu melindungi terhadap leukemia dan kanker lainnya.

6. Antosianin

Ini adalah salah satu senyawa kuat yang bisa ditemukan pada wortel berwarna gelap.

7. Potasium

Potasium adalah salah satu mineral penting yang bisa mengontrol tekanan darah.

Nutrisi dalam wortel

Dalam satu porsi wortel, yaitu sekitar 100 gram wortel yang kamu konsumsi, memiliki nutrisi sekitar:

41 kalori
9,6 gram karbohidrat
2,8 gram serat
4,7 gram gula
0,9 gram protein
0.2 gram lemak.

Wortel juga merupakan sumber serat yang relatif baik, dalam satu wortel berukuran sedang (61 gram) menyediakan 2 gram.

Vitamin dan mineral dalam wortel

Wortel adalah sumber vitamin dan mineral penting. satu porsi wortel senilai dengan:

73% dari kebutuhan vitamin A harian
9% dari vitamin K
8% dari potasium dan serat harian 
5% dari vitamin C 
2% kalsium dan zat besi.
Manfaat wortel untuk kesehatan
Punya rasa yang manis, renyah, dan juicy, wortel menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan, tidak hanya untuk mata, tapi juga berbagai permasalahan kesehatan lainnya, termasuk diabetes dan kanker.

Berikut ini berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan dengan rutin.


1. Manfaat wortel untuk meningkatkan fungsi penglihatan

Manfaat wortel yang satu ini sudah kita kenal sejak lama. Wortel juga diketahui membantu mata kita untuk bisa melihat dalam kegelapan. 

Wortel mengandung vitamin A, dan kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, penyakit mata progresif. Xerophthalmia dapat menyebabkan kebutaan malam atau kesulitan melihat ketika tingkat cahaya rendah.

Bahkan, menurut Dietary Supplements, kekurangan vitamin A merupakan salah satu penyebab kebutaan pada anak-anak. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi dari wortel juga baik untuk mencegah degenerasi makula terkait usia, sejenis kehilangan penglihatan.

Makan satu buah wortel ukuran besar, dapat memberikan lebih dari 200 persen dari target harian untuk vitamin A. 

2. Mencegah kanker

Radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kita untuk terkena berbagai jenis kanker, menurut National Cancer Institute.

Antioksidan telah terbukti mampu melawan radikal bebas berbahaya di tubuh kita, dan itu bisa membuat kita lebih kecil kemungkinannya terkena kanker. Dua jenis antioksidan utama dalam wortel adalah karotenoid dan antosianin. Lutein dan zeaxanthin adalah dua contoh dari karotenoid ini.

Satu wortel mentah berukuran sedang, dengan berat 61 gram, mengandung 509 mikrogram RAE vitamin A. Dan juga menyediakan 5.050 mcg beta karoten dan 2.120 mcg alfa karoten, dua antioksidan provitamin A yang dapat diubah tubuh menjadi lebih banyak vitamin A, sesuai kebutuhan.

Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah atau juga diturunkan risikonya dengan wortel, di antaranya:

Manfaat wortel untuk membantu mencegah leukemia 
Pada 2011, para peneliti menemukan bukti bahwa nutrisi dalam ekstrak jus wortel dapat membunuh sel-sel leukemia dan memperlambat atau menghentikan perkembangannya.

Kanker prostat
Sebuah tinjauan studi tahun 2015 menyarankan untuk melakukan diet kaya karotenoid sebagai penurun risiko kanker prostat. Tapi, tinjauan tersebut masih membutuhkan penelitian lebih dalam.

Kanker paru-paru
Sebuah penelitian yang juga dilakukan pada 2011 menyimpulkan bahwa minum jus wortel dapat membantu mencegah jenis kerusakan yang mengarah pada kanker paru-paru pada perokok.

3. Membantu pengobatan diabetes

Seperti yang kita ketahui, wortel punya rasa yang manis, apakah ini bagus untuk dikonsumsi orang dengan diabetes?

Ya, tentu, wortel baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan kalori dalam wortel terbilang rendah, 10 persen wortel adalah karbohidrat, 30 persen lainnya merupakan serat, dan hampir setengahnya adalah gula. 

Memakan wortel rebus tidak akan membuat lonjakan gula darah, karena hanya mengandung indeks glikemik sebanyak 39.

Kandungan serat dalam wortel juga dapat membantu mencegah perkembangan diabetes tipe 2, dan membantu penderita diabetes tipe 2 mengelola kadar gula darahnya.

Studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada individu dengan diabetes.

4. Kekebalan tubuh dan penyembuhan

Antioksidan lain yang disediakan wortel adalah vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen. Kolagen adalah komponen kunci dari jaringan ikat dan penting untuk penyembuhan luka dan menjaga tubuh tetap sehat.

Vitamin C juga hadir dalam sel-sel kekebalan, yang membantu tubuh melawan penyakit. Beberapa ahli percaya bahwa mengonsumsi vitamin C tambahan dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh ketika sedang stres.

5. Manfaat wortel untuk kesehatan tulang

Wortel mengandung vitamin K dan sejumlah kecil kalsium dan fosfor. Semua ini berkontribusi pada kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan gigi

Makan wortel mentah dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi kamu.  Karena tidak hanya membantu menghilangkan plak dan sisa makanan dari gigi, tetapi juga membantu dalam produksi air liur dengan merangsang gusi.

Pembentukan air liur bermanfaat untuk menjaga pembentuk rongga atau pembentuk bakteri di gigi.

7. Penurunan berat badan

Apakah kamu sedang berjuang untuk menurunkan berat badan? Kalau iya, cobalah untuk memasukkan wortel dalam menu diet. Wortel dapat membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama.

Serat larut yang terkandung dalam wortel juga dipercaya dapat mengurangi lemak perut.

8. Mengontrol tekanan darah

Sebuah studi mengatakan bahwa jus wortel berkontribusi terhadap penurunan 5% tekanan darah sistolik. 

Hal ini karena, dalam jus wortel setidaknya terkandung beberapa nutrisi termasuk serat, kalium, nitrat, dan vitamin C, yang membantu efek penurunan tekanan darah.

Tidak cuma itu, wortel mengandung potasium. Potasium yang cukup dalam tubuh tidak hanya melemaskan arteri dan pembuluh darah, tetapi juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga menurunkan tekanan darah.

9. Manfaat wortel membantu menyingkirkan racun

Vitamin A yang terkandung dalam wortel membantu untuk menyingkirkan racun dalam tubuh. Tidak cuma itu, wortel juga dapat membantu mencegah penumpukan lemak dan empedu di hati, sehingga tubuh kita tetap sehat.

10. Manfaat wortel mengatasi masalah menstruasi

Manfaat wortel juga baik untuk mengatasi masalah menstruasi. Jika kamu punya masalah menstruasi yang tidak teratur, atau pendarahan yang hebat selama menstruasi. Cobalah untuk rutin mengonsumsi wortel. 

Manfaat wortel untuk rambut

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita, wortel juga bermanfaat untuk rambut, seperti:

1. Manfaat wortel untuk membantu pertumbuhan rambut

Wortel juga dapat membuat rambut kamu sehat dan indah. Ini karena kandungan vitamin A dan juga E yang bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. 

Sirkulasi darah yang meningkat ke kulit kepala tidak hanya membantu dalam mendorong pertumbuhan rambut tetapi juga mencegah rambut dari uban yang terlalu dini.

Kamu bisa mengonsumsi sekitar 4 ons jus wortel secara teratur jika kamu ingin memiliki rambut yang panjang dan lebih tebal. 

2. Mencegah rambut dari kerontokan

Jangan pernah sepelekan rambut rontok, karena itu bisa menyebabkan kebotakan. Nah, untuk mengatasi dan mencegah kerontokan, cobalah untuk secara rutin mengonsumsi wortel. 

Kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam wortel dapat membantu mengatasi masalah kerontokan.

Manfaat wortel untuk kulit

Mengonsumsi wortel juga sangat bagus untuk kulit kita, ada berbagai manfaat wortel untuk kulit di antaranya:

1. Membantu mengobati penyakit kulit

Punya jerawat pasti menyebalkan. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengonsumsi wortel karena punya kandungan antioksidan. 

Tidak cuma jerawat, kandungan antioksidan dalam wortel juga bisa mengobati penyakit kulit lainnya seperti ruam, dermatitis, bisul, dan lain sebagainya.

2. Mencegah kulit kering

Kekurangan kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kulit kering. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi wortel secara teratur, karena wortel kaya akan kandungan kalium. 

Minumlah jus wortel secara teratur untuk menjaga tubuh dan kulit kamu tetap terhidrasi atau kamu juga bisa menggunakan krim yang punya kandungan wortel untuk perawatan dari luar.

3. Manfaat wortel yakni melindungi kulit dari sinar matahari

Efek berbahaya dari matahari dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Namun, wortel dapat membantu kamu untuk mengatasi efek berbahaya matahari.

Beta-karoten dalam wortel membantu dalam memperbaiki kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga melindungi dari efek keras dari sinar matahari.

Nah, itulah segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi sayur wortel. 


Cara lezat dan bergizi menikmati wortel

                                                Irisan wortel, Sumber foto Pixabay

Apakah kamu biasa mengupas wortel saat menikmatinya? Kalau iya, kamu harus mengubah kebiasaan itu. Ternyata, kulit wortel justru mengandung sekitar setengah dari antioksidan (dikenal sebagai senyawa fenolik) dalam wortel.

Sementara agar antioksidan itu tidak hilang, cobalah untuk mencucinya secara bersih dan menyeluruh daripada mengupas kulitnya.  

Tapi, jika kamu berniat untuk menyimpan wortel dalam waktu yang lama, pilihan untuk mengupas kulitnya adalah pilihan tepat, karena itu bisa mempertahankan warna wortel dan memperpanjang waktu penyimpanan.

Memakan wortel dalam keadaan masih mentah atau dimasak sangat dianjurkan. Wortel mentah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, tetapi memasak membantu meningkatkan penyerapan antioksidan. 

Untuk mengetahui berapa banyak wortel yang perlu dikonsumsi sebagai penunjang nutrisi harian, jangan malu berkonsultasi dengan dokter di Good Doctor. Kamu bisa bertanya mengenai masalah kebutuhan gizi seimbang, program diet dan berbagai masalah kesehatan lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta