Langsung ke konten utama

Buah Semangka


Mengenal Kandungan dan Manfaat Semangka yang Menyehatkan

09 May 2019 | Maria Yuniar
Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari



Warna merah yang menggoda, manis, dan menyegarkan dahaga membuat orang sulit untuk menolak semangka. Tidak sekadar menarik, manfaat semangka juga sangat beragam. Ingin tahu apa saja manfaat dan kandungan buah semangka yang baik bagi kesehatan? Simak ulasan berikut ini.

Apa manfaat buah semangka?


Beberapa kandungan pada semangka, yaitu cucurbitacin E dan likopen yang termasuk antioksidan, telah terbukti berpotensi mencegah kanker. Seperti halnya likopen, vitamin C yang ditemukan pada semangka, juga merupakan antioksidan yang mampu melawan peradangan, pada berbagai penyakit kronis.

1. Kaya Likopen dan Antioksidan

Warna merah semangka berasal dari zat likopen, sebuah senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini kulit.

Studi menunjukkan semangka memiliki lebih banyak antioksidan ketimbang tomat. Untuk mendapatkan manfaat semangka seperti likopen, pilih yang berwarna merah daripada kuning atau oranye.

Selain itu, semangka tanpa biji cenderung memiliki lebih banyak likopen ketimbang semangka dengan biji.

2. Menyehatkan Jantung

Semangka juga memiliki kandungan asam amino yang disebut sebagai citrulline. Manfaat semangka yang satu ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Jantung juga bisa memperoleh manfaat semangka dari lycopene. Studi menunjukkan bahwa lycopene dapat mengurangi risiko penyakit serangan jantung.

Tentu saja, gaya hidup Anda juga perlu diperhatikan. Selain mengonsumsi semangka, pastikan Anda berolahraga teratur, tidak merokok, membatasi asupan berkolesterol tinggi, dan menjalani pola hidup sehat sesuai anjuran dokter.

3. Melindungi Persendian

Semangka memiliki jenis pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin. Tahukah Anda, bahwa manfaat semangka ini bisa melindungi persendian Anda dari peradangan atau pembengkakan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan semangka tersebut akan mengurangi progresivitas penyakit rheumatoid arthritis alias bengkak dan kaku pada persendian.

4. Menghidrasi Tubuh

Secara alami kandungan semangka meliputi 92% air dan gula alami. Jadi, bisa dikatakan semangka bisa membuat Anda terhidrasi dengan cara yang nikmat.

Setiap sel tubuh Anda membutuhkan air. Bila sedikit saja tubuh kekurangan cairan, maka Anda akan merasa lesu, lemah dan mengantuk.

5. Mempercantik Kulit

Wanita yang mendambakan kulit cantik dan awet muda tidak boleh melewatkan manfaat semangka. Kandungan semangka yang memiliki vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C dapat membantu kulit tampak halus, lembut dan kenyal.

Karena kaya akan air, semangka juga cocok sebagai masker wajah. Caranya mudah, campurkan 1 sendok makan jus semangka dengan 1 sendok greek yogurt.

Kemudian, oleskan merata di seluruh permukaan wajah, lalu biarkan selama 10 menit. Jika masker semangka ini sudah meresap dan mengering, bilas wajah hingga bersih. Manfaat semangka ini dapat mengangkat sel kulit mati agar kulit wajah tampak lebih cerah dan lembap.

6. Berpotensi mencegah kanker

Para peneliti telah mempelajari likopen dan senyawa tanaman individu lain di dalam semangka untuk khasiat anti-kankernya.

Meskipun likopen dikatakan mampu meminimalisir beberapa jenis risiko kanker, kanker pada sistem pencernaan adalah yang paling kuat.

Cucurbitacin E yang terdapat di dalam semangka juga telah di teliti kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

7. Melancarkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, kedua kandungan ini penting untuk pencernaan yang sehat. Serat dapat memberikan massa untuk feses Anda, sementara air dapat membantu menjaga saluran pencernaan Anda agar tetap lancar.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan air dan serat seperti semangka akan membantu Anda untuk meningkatkan kinerja usus yang normal.

8. Menghilangkan nyeri otot

Citrulline dan asam amino dalam semangka diketahui dapat mengurangi nyeri otot. Kandungan ini adalah kandungan yang umumnya tersedia di dalam suplemen.

Sebuah studi membuktikan, jus semangka yang dicampurkan dengan citrulline dapat mengurangi nyeri otot dan membuat detak jantung lebih stabil dibandingkan dengan mengonsumsi citrulline sendiri.

9. Mencegah degenerasi makular

Likopen ditemukan pada beberapa bagian mata. Fungsi zat ini dapat membantu melindungi mata terhadap kerusakan oksidatif dan peradangan.

Menurut studi, kandungan ini juga dapat mencegah degenerasi makular terkait usia. Kondisi ini seperti ini umumnya dialami oleh lansia yang mulai mengalami rabun dan kebutaan.

Peran likopen sebagai antioksidan dan senyawa antiinflamasi juga dapat membantu mencegah degenerasi makular berkembang dan memburuk.

10 Melindungi kesehatan tulang

Semangka diketahui dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan tulang, termasuk arthritis. Menurut studi, hal ini terjadi karena kandungan kalsium yang terdapat di dalam semangka dapat membantu memperkuat struktur tulang dasar tubuh Anda jika dikonsumsi secara rutin.

Cara memilih semangka yang baik

Untuk mendapatkan manfaat semangka secara maksimal, Anda harus memilih dengan jeli buah semangka berkualitas. Caranya, pilih buah semangka yang tidak memiliki goresan, penyok, atau memar. Periksa pada bagian bawah semangka atau bagian yang menyentuh tanah.

Jika bagian bawah semangka tersebut berwarna kekuning-kuningan, itu pertanda bahwa semangka sudah matang dan tua. Selain itu, ketika Anda mengetuk atau memukul permukaannya, semangka matang akan mengeluarkan suara hampa dan ukurannya akan terasa lebih berat.

Tips menyimpan semangka untuk menjaga kesegarannya

Menjaga kandungan semangka tetap segar dan bermutu, sebaiknya cuci bagian luar semangka sebelum dipotong. Semangka memang akan lebih mudah dinikmati setelah dipotong, namun Anda hanya bisa menyimpannya di dalam kulkas selama 5 hari.

Selain dipotong dan dimakan dalam kondisi dingin, dapatkan manfaat sehat kandungan semangka dalam bentuk smoothies atau jus. Selamat menikmati buah semangka yang menyehatkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta