Langsung ke konten utama

Buah Keladi



Manfaat Talas bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi Talas

dickson Kesehatan / Tubuh Manusia


Manfaat Talas bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi Talas

 – Talas atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Taro adalah tanaman tropis yang dibudidayakan untuk umbinya sebagai sayuran. Umbi Talas atau kadang disebut juga dengan Ubi Talas ini merupakan makanan pokok bagi penduduk di negara-negara yang berada di benua Afrika dan Oseania. Talas diyakini sebagai salah satu tanaman yang paling awal dibudidayakan oleh manusia. Talas termasuk dalam suku talas-talasan atau suku Araceae. Di dalam bahasa ilmiah, Talas disebut dengan Colocasia esculenta.

Perlu diketahui bahwa Umbi Talas harus dimasak terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, hal ini dikarenakan Umbi Talas mengandung getah gatal yang memiliki ketajaman yang berbeda-beda menurut jenisnya. Umbi talas dapat dimakan dengan cara direbus, dipanggang, digoreng, dikukus atau diolah menjadi tepung, bubur, Es Krim dan kue-kue.

Kandungan Gizi Talas

Berikut ini adalah kandungan gizi Talas dalam setiap 100 gramnya  :
__________________________________________________
Jenis Nutrisi / Gizi                                         Kandungan                 AKG%
__________________________________________________

Karbohidrat                                                         34,6g                        
Air                                                                         63,8g                         
Protein                                                                 0,52g                         
Gula                                                                 0,49g                         
Serat                                                                 5,1g                            
Lemak                                                                 0,11g                         
Vitamin A                                                         4µg                                 1%
Vitamin C                                                      5mg                        6%
Vitamin D                                                         1,2µg                         8%
Vitamin E                                                         2,93mg                         20%
Vitamin K                                                         1,2µg                         2%
Vitamin B1 (Thiamine)                                         0,107mg                         9%
Vitamin B2 (Riboflavin)                                     0,028mg                         2%
Vitamin B3 (Niacin)                                         0,51mg                         3%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)                         0,336mg                         7%
Vitamin B6                                                         0,331mg                         25%
Vitamin B9 (Folat)                                                 19µg                         5%
Kalsium                                                                 18mg                         2%
Zat Besi                                                                 0,72mg                         6%
Magnesium                                                         30mg                         8%
Manganese                                                         0,449mg                         21%
Fosfor                                                                 76mg                         11%
Potassium (Kalium)                                         484mg                         10%
Sodium                                                                 15mg                         3%
Seng (Zinc)                                                         0,27mg                         3%

Manfaat Talas bagi Kesehatan

Talas merupakan makanan yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat Talas diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengendalikan Gula Darah
Umbi Talas adalah makanan yang akan kaya serat. Serat makanan memiliki potensi untuk mempertahankan kadar gula darah dengan mengendalikan produksi insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, orang yang menderita diabetes tipe 2 dianjurkan untuk konsumsi umbi talas ini secara teratur mengkonsumsi.

2. Memperlancar Pencernaan
Salah satu manfaat terpenting umbi talas dalam makanan adalah membantu pencernaan. Tingginya serat makanan yang ditemukan di umbi talas (satu porsi mengandung sekitar 27% dari kebutuhan serat makanan sehari-hari) membuatnya sangat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan kita. Serat makanan dapat membantu menambah jumlah tinja, sehingga membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan dan memfasilitasi pencernaan yang lebih baik. Ini dapat membantu mencegah kondisi tertentu seperti kelebihan gas, kembung, kram, sembelit, dan bahkan diare. Sistem pencernaan yang sehat dan teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun perlu diingatkan bahwa mengonsumsi serat yang terlalu banyak akan memiliki efek samping dan dapat berdampak negatif bagi tubuh kita.

3. Manjaga Kesehatan Jantung
Umbi Talas mengandung tingkat kalium (potassium) dan mineral tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Kalium tidak hanya memfasilitasi transfer cairan yang sehat antara membran dan jaringan di seluruh tubuh, tetapi juga membantu menghilangkan stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri. Dengan mengendurkan pembuluh darah dan arteri, tekanan darah dapat dikurangi dan dengan demikian tekanan pada keseluruhan sistem kardiovaskular juga akan berkurang.

4. Menjaga Kesehatan Indera Penglihatan
Umbi Talas mengandung berbagai antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, antioksidan tersebut diantaranya seperti beta-karoten dan cryptoxanthin yang dapat membantu meningkatkan penglihatan dengan mencegah radikal bebas dari menyerang sel mata yang dapat menyebabkan degenerasi makula atau katarak.

5. Mencegah Penyakit Kanker
Antioksidan seperti beta-karoten dan cryptoxanthin yang terkandung dalam Umbi Talas dalam melindungi sel tubuh kita dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini dapat menetralkan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa Radikal bebas bertanggung jawab atas kerusakan sel yang berkembang dan dapat menyebabkan mutasi sel atau berubah menjadi sel kanker. American Institute for Cancer Research menerbitkan sebuah laporan yang berhubungan dengan World Cancer Research Fund, laporan ini menyatakan bahwa cryptoxanthin yang ditemukan dalam akar talas dapat menurunkan risiko kanker mulut dan paru-paru.

6. Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin A dan E terdapat pada umbi talas memiliki manfaat yang besar bagi kulit kita. Vitamin-vitamin ini meningkatkan pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat dan meningkatkan kehidupan sel-sel kulit yang merosot. Dengan mengonsumsi umbi talas secara teratur, Anda dapat mengurangi munculnya noda dan kerutan pada kulit. Umbi Talas juga dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan kulit.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Salah satu manfaat terpenting dari umbi talas untuk kesehatan adalah perannya dalam sistem kekebalan tubuh. Umbi Talas memiliki tingkat vitamin C yang tinggi dalam setiap sajiannya. Vitamin ini membantu merangsang sistem kekebalan untuk membuat sel darah putih yang melindungi tubuh dari patogen dan melawan berbanyak penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Buah Bit (Ubi Bit Merah) atau Beetroot dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Bit (Ubi Bit Merah) ini dirangkum dari berbagai sumber.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta