Langsung ke konten utama

Buah Pisang



Ragam Kandungan Pisang yang Manis di Setiap Gigitannya

23 May 2020 | Arif Putra
Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Pisang mengandung beragam vitamin dan mineral, di samping juga serat dan pati resisten
Pisang mengandung beragam vitamin dan mineral, di samping juga serat dan pati resisten
Rasanya tak ada orang yang tak doyan buah pisang. Si manis kekuningan ini mudah dicari, mudah dikonsumsi, serta tinggi dengan nutrisi. Kandungan pisang pun cukup beragam, mulai dari nutrisi makro, vitamin, mineral, hingga senyawa khas tumbuhan.

Kandungan pisang lezatnya tiada tara


Dari nutrisi makro hingga senyawa khas tumbuhan, ini dia kandungan pisang yang memang semanis rasanya:

1. Kadar kandungan kunci dalam buah pisang

Jumlah kalori dalam buah pisang cenderung ‘sedang’, yakni sekitar 89 untuk setiap 100 gram-nya. Buah ini sebagian besar juga mengandung air namun tetap diikuti oleh nutrisi-nutrisi kunci lain. Kadar kandungan kunci dalam buah pisang untuk 100 gram, yaitu:
Kalori: 89
Air: 75%
Protein: 1,1 gram
Karbohidrat: 22,8 gram
Gula: 12,2 gram
Serat: 2,6 gram
Lemak: 0,3 gram

2. Kandungan karbohidrat dalam pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang tinggi dengan karbohidrat. Namun, jenis karbohidrat tersebut dapat berubah seiring pematangannya. Saat belum matang, kandungan karbohidrat utama dalam pisang adalah pati. Sementara itu, karbohidrat buah pisang yang telah matang lebih banyak berupa gula.

Jenis gula yang utama dalam buah pisang matang adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Jumlah total gula tersebut bisa mencapai lebih dari 16% per berat satu buah pisang.
Jenis pati dalam buah yang belum matang adalah pati resisten (resistant starch). Jenis pati ini masuk ke tubuh namun tidak dapat dicerna. Pati kemudian difermentasikan oleh bakteri baik menjadi butirat, asam lemak yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan usus.
Pisang juga mengandung jenis serat yang disebut pektin. Bersama pati resisten, serat pektin menaikkan kadar gula darah dengan tidak berlebihan.
Buah pisang juga tergolong ke dalam makanan dengan indeks glikemik rendah, yakni dengan rentang 42-58. Indeks glikemik mengukur seberapa cepat karbohidrat tiap makanan masuk ke aliran darah dan menimbulkan kenaikan gula darah.

3. Kandungan protein dan lemak dalam pisang

Pisang sebenarnya juga mengandung nutrisi ‘wajib’ lain, yaitu lemak dan protein. Hanya saja, kadar kedua kandungan tersebut cenderung rendah.
Dalam satu buah pisang berukuran sedang, lemak dalam pisang ‘hanya’ sekitar 0,5 gram dengan 1,5 gram protein.

4. Kandungan vitamin dan mineral dalam pisang

Seperti buah-buahan lain, kandungan vitamin dan mineral dalam pisang juga mengesankan. Beberapa vitamin dan mineral kunci dalam pisang, yaitu:

Kalium: Mineral kalium berperan dalam pengendalian tekanan darah dan menyehatkan jantung
Vitamin B6: Kandungan pisang ini juga tak kalah tingginya. Dalam satu buah pisang berukuran sedang saja, Anda bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin B6 hingga 33 persen.
Vitamin C: Seperti buah lain, pisang juga tinggi dengan vitamin C

Sebagai buah-buahan, pisang mengandung beragam vitamin dan mineral
Selain vitamin dan mineral kunci di atas, buah pisang juga mengandung nutrisi mikro berikut ini:

Vitamin B9 atau folat
Selenium
Magnesium
Fosfor
Kolin

5. Kandungan senyawa tumbuhan dalam pisang

Buah pisang juga mengantongi beberapa jenis senyawa khas tumbuhan, misalnya:

Dopamin: Sedikit berbeda dengan senyawa dopamin dalam otak, dopamin dalam pisang lebih bertindak sebagai molekul antioksidan.
Katekin: Kandungan pisang yang tak kalah menarik lainnya adalah flavonoid, kelompok senyawa yang memiliki efek antioksidan. Salah satu senyawa flavonoid dalam pisang adalah katekin.
Beta-karoten dan alfa-karoten, senyawa yang juga memiliki sifat antioksidan

Kandungan pisang memberikan manfaat manis untuk kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah yang padat nutrisi dan kaya manfaat. Beberapa manfaat pisang untuk kesehatan, yaitu:

Berpotensi untuk mengendalikan tekanan darah
Diyakini memiliki sifat antikanker
Berpotensi untuk menyehatkan jantung
Dipercaya menurunkan risiko diabetes
Menyehatkan pencernaan
Mengendalikan mood
Meningkatkan daya ingat
Walau pisang menjadi buah yang bernutrisi tinggi, beberapa orang mungkin tetap bisa mengalami alergi terhadap buah pisang. Buah pisang juga dilaporkan menimbulkan migrain pada beberapa individu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta