Langsung ke konten utama

Buah Pepaya



MANFAAT PEPAYA BAGI KESEHATAN TUBUH

Pepaya umumnya diketahui memiliki manfaat untuk melancarkan buang air besar dan memperbaiki masalah pada saluran pencernaan. Namun, ternyata pepaya memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh.

Pepaya merupakan tanaman yang bagian daun dan buah dapat bermanfaat bagi tubuh. Daun pepaya dapat bermanfaat sebagai obat. Sedangkan buah pepaya dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati gangguan saluran cerna, infeksi usus, obat penenang, dan diuretik. Pepaya juga dapat digunakan sebagai pelunak daging karena memiliki kandungan papain.

Apakah kandungan nutrisi pada pepaya?

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang dapat memecah rantai protein pada daging. Pada satu pepaya kecil dengan berat 152 gram memiliki kandungan:

59 kalori
15gram karbohidrat
3gram serat
1gram protein
Vitamin C: 157% dari total vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
Vitamin A: 33% dari total vitamin A yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
Folat: 14% dari total folat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
Kalium: 11% dari total kalium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
Terdapat beberapa kandungan lain seperti kalsium, magnesium, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin E, dan vitamin K

Pepaya juga mengandung antioksidan yang disebut dengan karotenoid. Jenis karotenoid yang tertinggi pada pepaya adalah lycopene.

Pepaya merupakan antioksidan yang kuat

Antioksidan karotenoid yang terkandung pada pepaya dapat membantu menetralisir radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan.

Pepaya memiliki sifat antikanker

Menurut penelitian, kandungan lycopene pada pepaya dapat mengurangi terjadinya resiko kanker. Antioksidan kuat pada pepaya memiliki peran penting untuk mengurangi radikal bebas yang menjadi pemicu terjadinya kanker.

Pepaya dapat meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa buah yang memiliki kandungan tinggi lycopene dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan produksi HDL atau kolesterol baik. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang mengkonsumsi suplemen pepaya yang difermentasi selama 14 minggu mengalami penurunan radang dan kadar LDL yang lebih baik serta kadar HDL menjadi lebih baik daripada orang yang tidak mengkonsumi. Hasil baik yang didapatkan dari penelitian berkaitan dengan penurunan resiko penyakit jantung.

Pepaya dapat membantu meredakan peradangan

Tingkat peradangan dapat diukur dengan pemeriksaan darah seperti protein C-reaktif (CRP), tumor necrosis factor (TNF) dan interleukin-6 (IL-6). Pada suatu penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya karotenoid dapat mengalami penurunan CRP yang signifikan.

Pepaya dapat memperbaiki pencernaan

Enzim papain dalam buah dapat membantu protein lebih mudah dicerna. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi suplemen yang berbahan pepaya selama 40 hari dapat memperbaiki konstipasi dan kembung secara signifikan. Benih, daun dan akar terbukti efektif untuk mengobati bisul.


Pepaya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit.

Selain menjaga kesehatan tubuh, pepaya dapat membantu kulit terlihat lebih kencang dan awet muda. Aktifitas radikal bebas yang berlebihan dapat memicu terjadinya kulit mengalami kerutan, kendur dan kerusakan kulit yang terjadi pada usia 30 tahun. Vitamin C dan lycopene dalam pepaya dapat melindungi kulit dan membantu mengurangi tanda penuaan. Dalam suatu penelitian, seseorang yang mengkonsumsi lycopene selama 10-12 minggu dapat meredakan kemerahan kulit karena paparan sinar matahari. Pada penelitian yang lain, wanita lanjut usia yang mengkonsumsi kombinasi lycopene, vitamin C dan antioksidan selama 14 minggu dapat mengalami penurunan garis dan keriput.

Pepaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Pada suatu penelitian diketahui bahwa seseorang yang mengkonsumsi setiap hari pepaya yang difermentasi selama 2 bulan dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.



Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB
Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Healthline. (2017, 25 Juni). 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya. Diperoleh 26 Februari 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/8-proven-papaya-benefits
WebMD. Find a Vitamin or Supplement: Papaya. Diperoleh 26 Februari 2018 dari: https://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-488-papaya.aspx?activeingredientid=488&activeingredientname=papaya



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta