Langsung ke konten utama

Buah Pare



Kandungan Gizi Buah Pare dan Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

dickson Kesehatan / Tubuh Manusia


Kandungan Gizi Buah Pare dan Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan – 

Buah Pare adalah Buah pahit yang berbentuk bulat memanjang dan memiliki bagian yang berbintil-bintil tidak beraturan. Buah Pare biasanya dipanen sebelum matang, karena buah Pare yang matang akan menjadi semakin pahit. Warna Buah Pare yang sebelum matang adalah berwarna hijau dan berubah menjadi warna oren setelah matang. Buah ini memiliki rasa pahit ini merupakan anggota dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Buah yang diyakin berasal dari Asia Selatan dan banyak ditemukan di Asia, Afrika dan Karibia ini biasanya dibudidayakan sebagai sayur-sayuran maupun pengobatan. Buah Pare atau juga kadang disebut dengan buah Peria dalam bahasa Inggris disebut dengan Balsam-pear, Bitter Melon, Bitter Gourd dan Bitter Squash. Dalam bahasa Ilmiah, Buah Pare ini disebut dengan Momordica Charantia.

Kandungan Gizi Buah Pare

Berikut ini adalah kandungan gizi buah Pare pada setiap 100 gramnya.

Jenis                                     Nutrisi / Gizi                 Kandungan                 AKG%
Kalori (Energi)                    19kcal                                 (79kJ)                     
Karbohidrat                                                                         4,32g                     
Air                                                                                       93,95g                     
Protein                                                                                 0,84g
Gula                                                                                 1,95g                     
Serat                                                                                   2,0g                     
Lemak                                                                                 0,18g                     
Vitamin A                                                                            6µg                    1%
Vitamin C                                                                         33mg                   55%
Vitamin D                                                                                                           
Vitamin E                                                                        ,14mg                     1%
Vitamin K                                                                         4,8µg                     5%
Vitamin B1 (Thiamine)                                                     0,051mg                     4%
Vitamin B2 (Riboflavin)                                                     0,053mg                     4%
Vitamin B3 (Niacin)                                                     0,280mg                     2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)                                     0,193mg                     4%
Vitamin B6                                                                     0,041mg                     3%
Vitamin B9 (Folat)                                                                   51µg                    13%
Kalsium                                                                                    9mg                      1%
Zat Besi                                                                               0,38mg                      3%
Magnesium                                                                          16mg                     5%
Manganese                                                                      0,086mg                      4%
Fosfor                                                                                   36mg                      5%
Potassium (Kalium)                                                         319mg                      7%
Sodium                                                                                     6mg                      0%
Seng (Zinc)                                                                        0,77mg                      8%


Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan

Buah yang mungkin dijauhi oleh banyak orang ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin menkonsumsinya. Manfaat-manfaat buah Pare ini diantaranya seperti mengendalikan penyakit diabetes, meningkatkan kesehatan pernapasan dan meningkatkan kesehatan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi risiko penyakit kanker.

Buah Pare juga memiliki sifat-sifat seperti anti-inflamasi, anti-jamur, anti-biotik, anti-alergi, anti-histamin, anti-virus, anti-parasit dan juga sifat ekspektoran yaitu obat pelancar dahak karena dapat menghasilkan air liur yang lebih banyak. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan kita.

1. Mengobati Diabetes dan Mengendalikan Gula Darah

Sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2005 menunjukan bahwa buah Pare adalah salah satu buah yang sangat manjur untuk mengobati Diabetes Mellitus Tipe 2. Diabetes tipe 2 ini pada umumnya disebabkan karena ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah karena perkembangan resistensi terhadap insulin ataupun karena karena insulin tidak mencukupi. Buah Pare yang pahit ini mengandung jumlah  charantin (peptida yang menyerupai insulin) dan alkaloid yang secara aktif membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Komponen-komponen ini juga dapat mencegah kenaikan dan penurunan kadar insulin yang tidak terduga.

2. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa buah Pare yang memiliki sifat anti-inflamasi, Anti-histamin, Anti-virus dan sifat ekspektoran yang dapat menjaga kesehatan pernafasan dan meringankan penyakit asma (asthma), bronkitis (bronchitis) dan demam (rhinitis). Sifat-sifat yang terdapat buah Pare ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa buah pare yang kaya akan sifat anti-inflamasi ini dapat membantu mengurangi rasa gatal yang mengiritasi terkait dengan kondisi kulit dan infeksi seperti kurap, kudis dan psoriasis. Jus Pare yang diekstrak dan dioleskan ke daerah yang terkena dampak dapat menjadi salep atau obat terbaik untuk menyembuhkan dan mengurangi pembengkakan dan iritasi.

4. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Pare mengandung antioksidan dan nutrisi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setiap 100 gram buah Pare mengandung sekitar 55% Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti yang kita ketahui Vitamin C merupakan vitamin yang termasuk dalam golongan Vitamin Antioksidan yang dapat memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Radikal bebas mencari dan menghancurkan sel-sel sehat sehingga mempercepat penuaan dan menyebabkan banyak komplikasi termasuk kanker. Buah Pare mengandung antioksidan tinggi yang dapat memerangi efek radikal bebas serta menciptakan pertahanan yang kuat terhadap penyakit-penyakit umum. Uji klinis lanjutan dan studi farmakologis menunjukkan adanya hubungan antara makan pare dengan pengurangan tumor yang berkaitan dengan kanker payudara, serviks dan prostat.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Buah Pare mengandung flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Senyawa-senyawa ini meningkatkan penglihatan dan memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini memainkan peran penting dalam memerangi efek dari penuaan dan radikal bebas.

7. Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Darah

Buah Pahit ini juga banyak dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu dengan cara mencegah penumpukan plak aterosklerotik di dinding arteri. Arteri yang tidak tersumbat akan mengurangi risiko serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Pare (Bitter Gourd) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Pare ini dirangkum dari berbagai sumber.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta