Langsung ke konten utama

Buah Jagung



12 Manfaat Hebat Jagung bagi Kesehatan

Benedikta Desideria | 23 Sep 2015, 16:30 WIB



Liputan6.com, Jakarta Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang mudah kita dapatkan dengan harga relatif murah. Bisa diolah secara sederhana seperti di rebus maupun diolah menjadi berbagai makanan lezat lain.

Hampir semua orang menyukai makanan berbahan dasar jagung, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, pas di hampir semua lidah. T Berikut manfaat jagung bagi kesehatan seperti dilansir laman stylecraze, Rabu (23/9/2015).

1. Baik untuk pencernaan

Jagung merupakan salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

2. Mencegah anemia

Jagung mengandung, Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa menghindarkan dari anemia atau kekurangan darah.

3. Sumber energi

Jagung termasuk sayuran bertepung yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.

4. Menurunkan kolesterol LDL

Jagung kaya Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga jantung sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh.

5. Bantu naikkan berat badan

Jagung dikenal sebagai pilihan karbohidrat bagi orang yang memiliki tubuh kurus. Hal ini disebabkan jagung kaya karbohidrat serta kalori yang mampu menambah berat badan bagi mereka yang kekurangan.

6. Cegah diabetes dan hipertensi

Konsumsi secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu melindungi dari hipertensi karena ada kandungan phenolic phytochemicals.

Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal.

7. Tulang kuat

Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya nutrisi ini mencegah tulang retak saat tua.

8. Baik untuk mata

Zat karotenoid pada jagung mengurangi risiko gangguan penglihatan pada mata.

9. Sifat antikanker

Penelitian telah membuktikan antioksidan dalam jagung bisa melawan kanker. Selain itu, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumbur senyawa fenolik yang efektif memerangi tumor pada payudara dan hati.

10. Manfaat saat kehamilan

Jagung kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil sebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang serta cacat saraf.

11. Bermanfaat untuk jantung

Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular.

12. Cegah Alzheimer

Jagung mengandung thymine yang membantu fungsi sel-sel otak atau fungksi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin yang penting bagi memori terkait fungsi ingatan seperti Alzheimer.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta