Langsung ke konten utama

Sayur Terong


Kandungan Gizi Terung (Eggplant) dan Manfaat Terung bagi Kesehatan

dickson Kesehatan / Tubuh Manusia


Kandungan Gizi Terung (Eggplant) dan Manfaat Terung bagi Kesehatan 

– Terung atau sering juga kita sebut dengan Terong adalah tumbuhan buah yang dijadikan makanan sayur-sayuran. Tumbuhan yang diyakini berasal dari India dan Sri Lanka ini saat ini telah dibudidayakan di berbagai daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Terung merupakan keluarga dari Solanaceae atau Terong-terongan seperti tomat, ranti, takokak (terung pipit) dan cabe.

Buah Terung yang biasanya kita temui di Indonesia sebagai hidangan sayur-sayuran ini umumnya berwarna ungu dan putih dengan bentuk yang lonjong panjang sekitar 30cm dan berdiameter sekitar 3cm hingga 4cm. Buah yang sering disebut dengan Terong ini dapat dimakan mentah maupun dimasak dan disajikan sebagai sayur-sayuran yang lezat. Dalam bahasa Inggris, Terung disebut dengan Eggplant sedangkan dalam bahasa ilmiah disebut dengan Solanum melongena.
 

Kandungan Gizi Terung

Berikut ini adalah nutrisi atau kandungan gizi buah Terung (Terong) dalam setiap 100gram-nya
Catatan : Kandungan Gizi dibawah ini adalah Kandugang Gizi Buah Terung Mentah.

Jenis Nutrisi / Gizi             Kandungan            AKG%

Kalori (Energi)                     25kcal (104kJ)    
Karbohidrat                             5,88g                         
Gula                                     3,53g                         
Serat                                     3g                         
Air                                             92,3g                         
Protein                                     0,98g                         2%
Lemak                                     0,18g                         1%
Vitamin A                                                          
Vitamin C                             2,2mg                         3%
Vitamin D                                                          
Vitamin E                             0,3mg                         2%
Vitamin K                             3,5µg                         3%
Vitamin B1 (Thiamine)             0,039mg                 3%
Vitamin B2 (Riboflavin)        0,037mg                 3%
Vitamin B3 (Niacin)             0,649mg                 4%
Vitamin B5(Pantothenic acid)    0,281mg                 6%
Vitamin B6                             0,084mg                 6%
Vitamin B9 (Folat)                     22µg                         6%
Kalsium                                     9mg                         1%
Zat Besi                                     0,23mg                 2%
Magnesium                             14mg                         4%
Manganese                             0,232mg                 11%
Fosfor                                     24mg                         3%
Potassium (Kalium)             229mg                     5%
Seng (Zinc)                             0,16mg                 2%
 

Manfaat Terung Bagi Kesehatan

Buah Terung memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah terung bagi kesehatan kita.

1. Melindungi Tubuh dari Kanker

Polifenol dalam terung memiliki efek anti kanker. Antosianin dan asam klorogenik melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas serta mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker. Buah Terung juga dapat membantu pembentukan sel darah putih dan juga merupakan sumber vitamin C yang sangat diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

2. Mencegah Anemia

Tidak mendapatkan zat besi yang cukup akan membahayakan kesehatan kita. Dalam beberapa kasus, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan perasaan lelah dan lemah yang disebabkan oleh tidak cukupnya sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Mengonsumsi makanan seperti terong yang mengandung banyak zat besi dapat membantu kita menghindari berbagai penyakit seperti penyakit anemia ini.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Terong atau Terung sangat bermanfaat bagi orang yang menghadapi risiko degradasi tulang dan osteoporosis. Senyawa fenolik dalam terung membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang. Selain itu, terong sangat kaya akan zat besi dan kalsium. Dan potasium dalam terong meningkatkan asupan kalsium. Jadi, mengonsumsi terong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tulang.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa nasunin, yang merupakan antosianin yang ditemukan dalam kulit terong adalah antioksidan kuat yang melindungi membran sel otak dari kerusakan oleh radikal bebas. Penelitian juga menunjukkan bahwa antosianin (anthocyanin) dapat membantu mencegah peradangan saraf dan memperlancar aliran darah ke otak serta dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah masalah mental yang berkaitan dengan usia. Terung atau Terong ini juga dapat membantu memulihkan sel-sel otak yang rusak dan melindungi sel-sel.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, kelinci dengan kolesterol tinggi diberi 10 ml jus terong setiap hari selama dua minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelinci ditemukan memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang lebih rendah. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa terong atau terung mungkin memiliki efek perlindungan bagi jantung. Terong yang mengandung Potassium tinggi juga membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan menjaga tingkat tekanan darah pada tingkat yang sehat.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Seiring dengan semua manfaat terong ini, buah yang dijadikan menu sayuran ini juga sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Terung dapat membantu melindungi kulit karena terdapat sejumlah besar serat makanan dan juga berbagai vitamin yang dikandungnya. Terung juga dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas dan sel-sel mati sehingga dapat membantu kulit tetap bersih dan murni.



Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Terung ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Terung atau Eggplant ini dirangkum dari berbagai sumber.




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta