Langsung ke konten utama

Buah Naga



17 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Anda

13 Aug 2019 | Nina Hertiwi Putri
Ditinjau oleh dr. Reni Utari


Ada beragam manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan, salah satunya adalah dapat mengontrol gula darah
Manfaat buah naga sangat beragam mulai dari bantu menyehatkan pencernaan hingga cegah kanker
Di balik warnanya yang cerah dan rasa segarnya, buah naga ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, hingga membantu mencegah kanker, manfaat buah naga sangatlah sayang untuk dilewatkan.
Intip kandungan nutrisi buah naga
Manfaat buah naga merah, putih, dan ungu, bisa didapatkan karena kandungan vitamin dan minerlanya yang beragam. 

Dalam 100 gram (7 sendok makan) buah naga, terkandung nutrisi-nutrisi sebagai berikut.


Kalori: 264
Protein: 3,57 g
Karbohidrat: 82,14 g
Serat: 1,8 g
Kalsium: 107 mg
Gula: 82,14 g
Vitamin C: 6,4 mg
Natrium: 39 mg
Salah satu hal yang membuat buah naga menjadi alternatif kudapan sehat adalah tidak adanya kandungan lemak dan kolesterol dalam buah ini.

Manfaat buah naga untuk tubuh

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, bukanlah fakta baru. Namun, manfaat buah naga secara spesifik belum banyak menjadi perhatian. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapat, dari mengonsumsi buah yang satu ini.
Buah naga disebut dapat membantu meredakan penyakit kronis seperti diabetes

1. Membantu meredakan penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan yang dapat membantu meredakan berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan arthritis. Antioksidan akan bekerja dengan lebih baik, apabila didapatkan secara alami dari makanan, dibandingkan dari suplemen atau obat.

2. Kaya akan serat yang baik untuk tubuh

Tidak hanya berkaitan dengan kesehatan pencernaan, serat juga dapat berperan melindungi tubuh dari kondisi lain seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan menjaga berat badan ideal.
3. Menyehatkan saluran pencernaan
Menyehatkan saluran pencernaan, merupakan salah satu manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan. Buah naga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, yang berguna untuk kesehatan saluran pencernaan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi juga ditentukan dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Vitamin C dan keratinoid yang ada pada buah naga, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

5. Meningkatkan kadar zat besi di tubuh

Tidak banyak buah yang mengandung zat besi. Buah naga salah satunya. Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencerna makanan untuk dijadikan sumber energi.

6. Sumber magnesium yang baik

Kandungan magnesium yang ada pada buah naga terhitung tinggi, jika dibandingkan dengan buah lainnya. Mengonsumsi satu buah naga berukuran sedang seberat sekitar 100 gram, dapat memenuhi 18% kebutuhan magnesium harian untuk tubuh.
Magnesium dibutuhkan oleh tubuh untuk proses biokimia yang berlangsung di tubuh. Selain itu, mineral ini juga disebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Membantu mengontrol gula darah

Kandungan serat yang ada pada buah naga, membuatnya baik untuk penderita diabetes tipe 2 Serat akan membantu perut merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda dapat membatasi konsumsi makanan. Selain itu, buah naga juga membantu menurunkan kadar gula darah.
Buah naga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung
Kandungan antioksidan dalam buah naga, baik untuk kesehatan jantung

8. Baik untuk jantung

Buah naga disebut dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang ada di dalam buah naga.
Selain itu, biji buah naga juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh.

9. Membantu mencegah kanker

Buah naga juga dipercaya mencegah kanker karena kandungan vitamin C dan likopen di dalamnya. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada buah naga juga telah terbukti membantu mengurangi sel-sel kanker yang ada di tubuh.

10. Baik untuk kesehatan kulit

Untuk kesehatan kulit, buah naga bermanfaat mengurangi kerutan dan mengatasi jerawat serta kulit kering. Manfaat tersebut didapatkan dari vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan antioksidan dalam buah naga juga bisa menangkal paparan radikal bebas berlebih yang sering menjadi penyebab penuaan dini.

11. Mengurangi peradangan di tubuh

Bagi Anda yang menderita nyeri kronis akibat rheumatoid arthritis, mengonsumsi buah naga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi. Buah ini mengandung zat anti peradangan yang juga bekerja sebagai pereda nyeri alami.
Meski begitu, buah naga tidak akan menghilangkan nyeri kronis secara total. Buah ini hanya membantu meredakannya.
Kandungan magnesium pada buah naga baik untuk kesehatan tulang
Buah naga juga baik untuk menjaga kesehatan tulang

12. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat buah naga merah dan buah naga warna lainnya untuk kesehatan tulang didapatkan dari kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium telah terbukti penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat.

13. Sumber vitamin B yang baik untuk tubuh

Buah naga mengandung vitamin B1, B2, dan B3 yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Selain itu, vitamin B juga baik untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid, menjaga kadar hemoglobin, dan berperan dalam metabolisme karbohidrat.

14. Baik untuk kesehatan rambut

Mengonsumsi buah naga, dapat membantu menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau. Kandungan nutrisi di dalam buah naga, juga akan membantu mengurangi kerusakan rambut yang timbul akibat bahan kimia dari pewarna rambut.

15. Dapat membantu mencegah penyakit mata

Buah naga disebut dapat mencegah pertumbuhan protein sitokrom P450 di hati. Protein ini, sering dihubungkan dengan terjadinya glaukoma kongenital. Selain itu, kandungan beta karoten pada buah naga juga dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula (gangguan medis pada mata, yang biasa menyerang lansia) dan katarak.

16. Baik untuk ibu hamil

Buah naga baik untuk ibu hamil karena mengandung zat besi, vitamin B, dan folat. Zat besi pada ibu hamil berguna untuk mencegah anemia. Sementara itu, vitamin B dan folat dapat mencegah bayi cacat saat lahir dan meningkatkan energi.

17. Meningkatkan kerja otak

Terakhir, buah naga ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kerja otak. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin B dan vitamin C dalam buah naga.
Kedua vitamin tersebut, dipercaya dapat membantu sel membran tetap sehat. Aktivitas vitamin tersebut di tubuh juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak agar tetap sehat.

Perhatikan juga efek samping konsumsi buah naga

Di balik manfaat buah naga yang melimpah, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi buah yang satu ini. Secara umum, buah naga memang aman untuk dikonsumsi.
Namun, pada beberapa orang, buah ini bisa menimbulkan alergi. Saat seseorang mengalami alergi buah naga, gejala seperti pembengkakan di lidah, bentol-bentol, hingga muntah-muntah bisa terjadi.
Buah naga merah juga bisa berpengaruh pada air seni Anda. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, buah naga bisa membuat air seni yang keluar, menjadi berwarna merah muda. Meski begitu, kondisi ini tidaklah berbahaya. Warna air seni akan kembali normal setelah buah tersebut selesai dicerna dan keluar dari sistem pencernaan di tubuh.
Anda bisa memperoleh manfaat buah naga bagi kesehatan, dengan memasukkannya ke dalam menu harian. Selain lezat, buah naga pun praktis untuk dikonsumsi. Anda bisa langsung menyantapnya, atau mengolahnya menjadi beragam menu seperti menjadi puding hingga jus.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta