Langsung ke konten utama

Sayur Genjer


Jarang di Ketahui, Sayuran Ini Punya Manfaat untuk Kesehatan

BY YUNITA  24 Juni 2020 - 13:16
 
Kotawaringin Barat, Borneo24.com– Genjer maerupakan sejenis tumbuhan air yang sering dijumpai di rawa atau perairan di sawah. Genjer kerap kali masih dipandang sebelah mata di kalangan masyarakat. Genjer disebut menjadi sayuran kalangan masyarakat bawah.

Biasanya masyarakat perdesaan yang kerap kali mengkonsumsi sayuran ini. Dalam keseharian, genjer ini sering dibikin sayur oleh masyarakat kelas bawah. Termasuk gulma, genjer atau paku rawan (Limnocharis flava) banyak ditemui di sawah atau perairan dangkal.

Genjer menjadi sayur alternatif jika sudah tidak ada sayuran lain yang bisa dimasak. Saat ini, sayur genjer sudah menjadi favorit dari masyarakat Indonesia, terutama mereka yang seorang vegetarian. Daun genjer dapat dibeli di pasar-pasar tradisional namun masih agak jarang ditemui di pasar modern, seperti pasar swalayan atau toko sayuran.

Bagian yang biasa dimasak adalah daun Genjer, biasanya dimasak sebagai tumisan, lalapan, sebagai campuran pada gado-gado atau pecel, atau dimanfaatkan sebagai pengganti manfaat kangkung. Usut punya usut, ternyata sayur genjer ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah tinggi dengan jenis sayuran hijau lainnya.
 

Serat

Sudah merupakan takdir, apabila sayuran-sayuran hijau merupakan jenis bahan makanan yang mengandung serat tinggi. Begitu pula dengan sayur genjer. Sayur genjer memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh dalam sehari. Serat dalam sayur genjer punya beberapa kegunaan seperti untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu proses pencernaan makanan, mengikat lemak dalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menstabilkan kadar gula darah.

Protein

Kandungan protein genjer cukup tinggi; 100 gr genjer memiliki kandungan protein sebesar 1,7 gr. Jumlah yang cukup banyak untuk kandungan protein di dalam sayuran hijau. Protein ini, di dalam tubuh dapat berguna untuk pembentukan massa otot, menambah stamina dan tenaga, sebagai sumber energi, dan pengikat lemak di dalam tubuh.

Kalsium

Dalam 100 gr penyajian sayur genjer, terkandung 62 mg kalsium yang baik untuk tubuh. Manfaat kalsium antara lain membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan mencegah osteoporosis.

Fosfor

Fosfor sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, terutama bila dipadukan dengan kalsium. Dalam 100 gr sayur genjer terkandung fosfor sebanyak 33 mg. Fosfor bersama dengan kalsium yang ada di dalam tubuh dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis, menambah dan meningkatkan kekuatan tulang, serta menjaga kesehatan tulang.

Zat besi

Dalam 100 gr penyajian sayur genjer terdapat 2,1 mg zat besi, yang bermanfaat  dalam pembentukan sel darah. Juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain manfaat yang dihasilkan oleh kandungan-kandungan gizi dan nutrisi umum seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sayur genjer masih memiliki manfaat lain yang ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.(***)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta