Langsung ke konten utama

Sejarah dan fakta menarik perkembangan teknologi telepon genggam


Sejarah dan fakta menarik perkembangan teknologi telepon genggam
Ardiyanto  January 14, 2017  No Comments



Perkembangan teknologi telepon genggam / hand phone / mobile phone bisa dibilang sangat cepat berubah setelah era tahun 2007 dan fakta menariknya banyak perusahaan yang saling berganti menjadi penguasa dalam industri ini. Untuk saat ini, penguasa industri telepon genggam masih dikuasai oleh Iphone dan Hand phone dengan OS Android.

Telepon genggam pertama kali muncul sekitar tahun 1973 oleh Martin Cooper, seorang inventor dari Motorola yang kemudian di tahun 1983 untuk pertama kalinya produk telepon genggam dijual dengan produk Motorola DynaTAC 8000X dengan harga jual mencapai 3995 $ (atau kira-kira setara dengan 340000 $ untuk saat ini). Setelah itu, sekitar tahun 1989 Motorola mengeluarkan produk terbaru dengan nama MicroTAC 9800X dengan ukuran yang lebih kecil.

Pada tahun 1992, persaingan di industri ini dimulai dengan munculnya Nokia  yang mengeluarkan produk The Nokia 101 yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan produk Motorola. Sekitar tahun ini , Apple juga mengeluarkan produk digital assistant device sebagai langkah awal memasuki industri ini.

Persaingan sengit antara Nokia dan Motorola terjadi tahun 1992-2000 dengan berbagai produk dikeluarkan seperti Nokia 1610 (tahun 1996), Motorola D160 (tahun 1997) dan lainya. Namun, persaingan kedua perusahaan ini akhirnya dimenangkan oleh Nokia dan menjadikan Nokia sebagai pemimpin dalam industri ini.

Setelah tahun 2000, banyak perusahaan ikut bersaing dalam industri telepon genggam seperti Ericsson, Siemens dan Samsung. Meskipun semakin banyak kompetitor, Nokia masih menjadi penguasa hingga tahun 2006. Kemunculan BlackBerry di tahun 2006 dan Iphone dari Apple 2007 mulai menjatuhkan Nokia dari puncak. Kedua produk ini dengan cepat merajai industri telepon genggam dan menggeser Nokia sebagai raksasa telepon genggam. Pada masa ini juga menjadi titik awal dimulainya teknologi smart phone.

Kejayaan BlackBerry ternyata tidak bertahan lama, di tahun 2010 handphone dengan operating system Android dengan cepat menggeser produk dari BlackBlack Berry terutama produk dari Samsung. OS Android sendiri merupakan OS yang dibuat oleh Google dan pertama kali diluncurkan tahun 2009 dengan menggandeng HTC.

Tahun 2010 juga merupakan titik balik bagi Samsung memulai kesuksesan dalam bisnis telepon genggam dan menjadikan Samsung sebagai salah satu raksasa teknologi dan bersaing dengan Apple. Tahun 2011 hingga sekarang, persaingan industri telepon genggam masih dikuasai oleh Iphone dan berbagai produk HP dengan OS Android.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta