Langsung ke konten utama

Biar Baterai Awet, Ini Cara Ngecas Ponsel yang Benar


Biar Baterai Awet, Ini Cara Ngecas Ponsel yang Benar
Muhammad Alif Goenawan - detikInet



Jakarta - Baterai masih menjadi elemen terpenting di perangkat gadget seperti smartphone. Bahkan baterai juga menjadi pertimbangan penting ketika konsumen pertama kali ingin membeli ponsel.
Salah satu pertimbangannya adalah melihat besaran kapasitas baterai yang disodorkan. Biasanya, mereka ingin baterai yang bisa bertahan hingga aktivitas seharian, sekitar tujuh sampai delapan jam.
Walau smartphone ketika pertama kali dipakai punya baterai yang sanggup bertahan lama, ada kalanya umur baterai perlahan mulai berkurang. Penyebabnya cukup sederhana, seringkali pengguna mengabaikan kebiasaan yang sebenarnya tabu ketika melakukan pengisian daya.
Lantas apa saja hal-hal yang dilarang dan dianjurkan selama ponsel sedang charging? Berikut catatan detikINET dari sejumlah sumber. (mag/mag)


1. Jangan Pakai Charger Bukan Bawaan




Hal pertama yang sangat sederhana adalah gunakanlah charger bawaan atau asli. Nah, biasanya karena aktivitas dan kesibukannya yang padat, pengguna sering kelupaan membawa charger dan meminjam charger orang lain.
Hal ini disebut mempengaruhi performa dan umur dari baterai. Kalau pun kepepet harus meminjam, cek voltase dan amper dari charger, apakah sama atau tidak.

2. Jangan Mengisi dalam Kondisi Terpasang Casing




Beberapa ponsel ada yang berubah menjadi hangat ketika mengisi daya. Nah, pastikan untuk melepas casing ponsel ketika mengisi. Hal ini bisa menjadi penghalang dan memperlambat pembuangan hawa panas yang diakibatkan karena pengisian.

3 Jangan Ditinggal Tidur Semalaman




Karena aktivitas pemakaian ponsel seharian, orang cenderung melakukan pengisian di malam hari. Nah, salah satu kebiasaannya adalah orang kerap meninggalkan ponsel dalam kondisi mengisi daya hingga terbangun keesokan harinya.
Kebiasaan ini harus dihilangkan. Pengisian baterai yang dilakukan semalaman dapat mempengaruhi umur baterai. Tak hanya itu, ini juga bisa mengakibatkan ponsel menjadi overheat. Apesnya, mungkin ponsel akan meledak.

4. Hindari Penggunaan Aplikasi Baterai 




Beragam aplikasi baterai manajemen tersedia di toko aplikasi, baik iOS maupun Android. Aplikasi ini oleh developer diklaim bisa memperpanjang masa aktif baterai. Namun, pada dasarnya aplikasi semacam ini tidak baik untuk baterai karena meningkatkan beban pada smartphone dan memaksa perangkat untuk menggunakan lebih banyak tenaga baterai.

5. Jangan Charge Lebih dari 80%




Harus diakui bahwa terkadang orang tidak sabar dengan yang namanya nge-charge. Nah, menurut informasi 80% adalah ambang batas yang ideal untuk mengakhiri masa pengisian.
Mengisi lebih dari 80% bisa mengakibatkan smartphone overheat, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap umur baterai. Jadi, kesimpulannya tidak harus sampai penuh untuk melepas smartphone dari sambungan charger.

6. Hindari Mengisi Ketika Belum Low-Batt




Ketika baterai sudah di bawah 50% dan mungkin ia akan bepergian jauh, ia tak segan untuk mengisi. Namun, hal ini jangan diterapkan. Anda baru bisa mengisi baterai ketika sudah berada di batas 20%. Karena sebuah studi menemukan smartphone yang diisi tidak pada saatnya dan terlalu sering diisi bisa memperpendek umur baterai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta