Langsung ke konten utama

Macam-Macam Format Video Terbaik


Macam-Macam Format Video Terbaik, Avi Nomor 1 Lho!
 RAFI ABRAR    17 NOVEMBER, 2017     FAKTA UNIK DAN MENARIK   0 



Daftar Ekstensi Video Dengan Kualitas Terbaik – Apa kalian salah satu dari orang yang mempunyai hobi nonton film di laptop atau smartphone? Apa format dari video yang sering kalian tonton? Belum tahu? Wah, jika kalian termasuk orang yang suka nonton tapi masih awam dalam hal pengetahuan tentang jenis format video, maka kalian wajib membaca artikel ini. Karena dengan mengetahui sedikit pengetahuan tentang macam format video bisa mempermudah kalian memilih ekstensi terbaik untuk ditonton.

Ok, sebelumnya kalian pasti sudah tahu atau pernah mendengar video berformat MP4, MKV, 3GP, FLV dll. Itu merupakan sedikit dari contoh format video yang paling populer dan disukai orang-orang. Ada banyak perbedaan dari setiap format dan ekstensi video tersebut, mulai dari codec, bit rate, frame rate dll. Selain itu masing-masing format video juga kompatibel dengan perangkat yang berbeda-beda.

Daftar Macam-Macam Format Video Terbaik Untuk Ditonton

AVI (audio Video Interlave)
AVI bisa dibilang sebagai sesepuh atau nenek moyang dari berbagai format file video. Ekstensi ini diciptakan dan diperkenalkan oleh Microsoft sejak dirilisnya Windows 3.1. Video berformat AVI biasanya dipadukan dengan codec seperti DivX ataupun Xvid. Sekarang format AVI memang sudah jarang namun terkadang masih digunakan untuk memutar video karena kompatibel dengan DVD player.
Kelebihan AVI :
·         Memiliki gambar yang lebih tajam daripada jenis format video lainnya.
·         Banyak pilihan kompresi yang sehingga jika dilakukan secara maksimal maka kualitas video akan semakin baik.
·         Kompatibel dengan semua jenis windows pada umumnya.
Kekurangan AVI :
·         Ukuran file biasanya besar karena tidak bisa memampatkan audio dan video secara maksimal.
·         Memiliki resolusi gambar yang bisa dibilang terbatas.
·         Video dengan format AVI tidak bisa tampil secara full screen ataupun full motion.
·         Karena banyaknya jenis kompresi, jika salah memilih maka kualitas akan menjadi jelek.

MP4
 Ini adalah salah satu format video terbaik dan paling populer di seluruh dunia. Lihat saja dari berbagai file video yang beredar di internet kebanyakan menggunakan format MP4. Dan tahukah kalian, dulu Youtube menggunakan format FLV untuk setiap videonya. Namun setelah kemunculan video player HTML5 format MP4 menjadi ekstensi utama video di Youtube dan FLV pun tersingkirkan.
Kelebihan MP4 :
·         Video dengan format MP4 bisa ditonton melalui streaming, sehingga kita tidak perlu repot-repot mendownloadnya terlebih dahulu.
·         Biasanya menggunakan codec H.264 yang kompatibel dengan berbagai perangkat dan player.
Kekurangan MP4 :
·         Ukuran file yang kurang maksimal, kadang ukurannya hampir sama dengan video berkualitas BD (Blueray Disc).

MKV (Matroska Video)
Selain MP4, Matroska atau yang sering disebut sebagai MKV adalah format video terbaik dan disukai banyak orang. Banyak para penyedia film di internet lebih memilih ekstensi MKV untuk digunakan. Hal ini bukan tanpa alasan, format MKV ini sangat fleksibel dimana ia mampu menyimpan video, audio, gambar dan bahkan subtitle teks menjadi satu file video. Matroska juga bersifat open source sehingga lebih mudah untuk dimodifikasi dan dikembangkan.
Kelebihan MKV :
·         Mempunyai fitur entri/episode di dalamnya.
·         Video berformat MKV dapat diputar secara streaming seperti format MP4.
·         Bersifat open source sehingga mudah dimodifikasi serta dikembangkan.
·         Dapat menampung banyak jenis codec dalam waktu yang sama.
·         Ukuran video yang terbilang hemat dibandingkan dengan ekstensi lainnya.
Kekurangan MKV :
·         Kualitas gambar yang dihasilkan tergantung dari jumlah bit rate yang dipilih..
·         Kualitas suara biasanya kurang karena dikonversi dari digital menjadi DTS.

3GP
Mungkin kalian sudah tak asing dengan format video yang satu ini. Hayoo ngaku, siapa yang zaman dulu suka nonton video 3gp di HPnya. Saya tidak akan membongkar aib kalian yang suka menonton video 3gp. Yah memang format 3gp ini sangat fenomenal dan populer pada tahun 2000an. Ekstensi ini memang khusus dioptimalkan untuk diputar di HP sehingga ukurannya bisa sangat kecil. Namun berbanding lurus dengan ukurannya yang kecil, kualitas gambar dan suara yang dihasilkan juga tidak terlalu bagus.
Kelebihan 3GP :
·         Sangat cocok untuk di putar di HP dengan layar kecil.
·         Ukuran video berformat 3gp relative kecil daripada format lainnya.
Kekurangan 3GP :
·         Kualitas gambar yang jelek dan pecah-pecah jika diputar di perangkat dengan layar lebar.
·         Suara yang buruk dan tidak bisa terdengar dengan jernih.

FLV
Flash Video (FLV) merupakan sebuah format video yang bisa disisipkan ke dalam sebuah situs web. Seperti yang sudah saya katakan di awal, format FLV ini dulunya sempat terkenal dan menjadi andalan di youtube. Namun kemunculan MP4 membuat kepopulerannya tersingkirkan dan kini menjadi terlupakan. Meskipun begitu, video berformat FLV masih cukup banyak digunakan sekarang ini karena dukungan flash player yang ada di mayoritas browser.
Kelebihan FLV :
·         Bisa disisipkan di situs web dan diputar dengan layanan flash player.
·         Mampu menyajikan gambar dan suara yang lebih jelas.
·         Ukuran yang lebih kecil daripada format AVI dan MOV.
Kekurangan FLV :
·         Butuh biaya dan waktu yang banyak untuk membuat konten flash seperti FLV.
·         Meskipun lebih kecil dari AVI, ukuran file FLV masih lebih besar drpd MP4.

Itulah beberapa jenis dan format video terbaik dan paling populer di dunia. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan serta kompatibilitas dengan player kalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta