Langsung ke konten utama

RAM Besar Serta Fungsinya Pada Smartphone


Keuntungan RAM Besar Serta Fungsinya Pada Smartphone
By Pandu Dryad -  April 16, 2015 159



Keuntungan RAM Besar Serta Fungsinya Pada Smartphone – Jadi ceritanya sekarang ini kita lagi hidup pada jaman dimana hampir semua orang menggunakan smartphone untuk keseharian mereka. Semakin kesini perkembangannya pun semakin pesat dan bahkan mendekati “gila” kalau menurut mimin. Gimana gak gila, lha wong perkembangannya itu cepet banget sampai mengalahkan perkembangan perangkat lain yang lebih dulu lahir seperti misalnya laptop atau yang lainnya. Mulai dari sensor kamera beresolusi besar, prosesor yang “core” nya makin banyak dan cepat hingga baru-baru ini ada sebuah smartphone yang menggunakan kapasitas RAM yang mulai menyaingi RAM dari sebuah laptop.

Iya, sekarang ini sudah ada sebuah smartphone yang memiliki kapasitas RAM hingga 4 GB dan mungkin kedepannya bakal ada lagi yang menyaingi meskipun dengan kapasitas yang demikian besarnya itu mimin rasa sudah sangat-sangat cukup bagi para pengguna gadget khususnya smartphone. Beberapa orang mungkin akan mengucap kata seperti ini secara spontan ketika mengetahui bahwa terdapat sebuah smartphone dengan kapasitas yang demikian besar:
Widiih RAM segede gitu buat apa ya?

Kata itu pun sempat terlintas di benak mimin waktu itu sehingga mimin berinisiatif untuk membuat posting ini karena ternyata ada beberapa orang yang ternyata benar-benar belum tau apa kira-kira manfaat dari kapasitas RAM yang besar pada sebuah perangkat. Oke, disini mimin akan menjelaskan dengan bahasa orang awam agar lebih mudah dimengerti. Jadi bagi kamu yang merasa sudah expert atau mengerti mengenai ilmu-ilmu komputer lebih baik mencari artikel di tempat lain karena disini mimin tidak akan menjelaskan secara detail karena memang ini bukan bahan untuk kuliah.

Oke, kita mulai saja yaa. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, kamu bisa baca di Wikipedia untuk definisi lengkapnya. Sekarang silahkan perhatikan gambar dibawah ini. Ini adalah gambaran sederhana untuk menggambarkan apa fungsi RAM pada perangkat kita.

Ketika menjalankan sebuah atau lebih dari satu aplikasi, sebagian data dari aplikasi tersebut akan diproses dan “disimpan sementara” di RAM. Contoh diatas menggambarkan bagaimana ketika kita membuka beberapa aplikasi sekaligus pada perangkat kita. Apps 1, 2 dan 3 adalah running apps atau aplikasi yang sedang berjalan baik di foreground (aplikasi yang sedang berjalan dan ditampilkan dilayar) ataupun di background (aplikasi yang di minimize atau disembunyikan dari layar namun tetap berjalan), sedangkan bar berwarna hitam adalah Empty ram space atau ruang kosong pada RAM.

Nah jika dalam keadaan seperti diatas, maka proses multitasking (berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lain tanpa menutupnya) antara App 1, 2 dan 3 akan berjalan dengan lancar karena RAM masih mampu menampung data pada aplikasi yang bersangkutan. Jadi RAM beguna untuk membantu kinerja prosesor untuk mengeksekusi dan membaca “data” pada sebuah aplikasi agar dapat berjalan dengan lebih ringan dan lancar.

Sekarang mimin contohkan bagaimana jika kita menambahkan atau membuka satu aplikasi lagi, dimana aplikasi ini tergolong besar dan berat.
Ram pada smartphone

Pada gambar diatas terlihat bahwa RAM tidak cukup besar untuk menampung semua aplikasi yang kita jalankan. Maka biasanya perangkat kita akan secara otomatis menutup aplikasi lain yang berjalan di background atau “mengosongkan” RAM untuk memberikan ruang pada aplikasi baru yang sedang dijalankan pada foreground karena memang aplikasi yang berjalan pada foreground biasanya lebih di prioritaskan. Nah pada saat proses pengosongan tersebut biasanya perangkat akan mengalami “lag” atau proses yang tersendat (lemot).

Karena memang kinerja prosesor akan sangat terbebani ketika ia harus membuka sebuah aplikasi baru dimana prosesor harus “membaca” atau mengambil data aplikasi dari awal. Lain halnya jika aplikasi tersebut sudah di proses sebelumnya dan tersimpan di RAM, maka prosesor hanya perlu mengambil atau membaca data yang sudah tersimpan pada RAM sehingga prosesnya akan terasa lebih cepat dan ringan. Sampai disini sudah paham? Oke kita lanjutkan lagi.

Jika keadaannya seperti diatas (RAM penuh karena terisi oleh aplikasi yang besar dan berat) maka proses multitasking tidak akan bisa dilakukan dengan lancar karena pemrosesan data sepenuhnya dibebankan pada prosesor. Hal ini akan membuat baterai cepat terkuras karena prosesor harus bekerja lebih keras dan tentu saja akan berefek pada meningkatnya suhu pada perangkat.

Selain itu kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah aplikasi akan mengalami crash, force close (menutup paksa dengan sendirinya), perangkat mulai hang, atau bisa juga menyebabkan perangkat merestart sendiri.

Intinya kapasitas RAM yang besar akan membatu kinerja prosesor dengan lebih baik khususnya dalam hal multitasking. Jenis RAM yang digunakan (misal DDR2, DDR3 dll) juga akan berpengaruh pada performa perangkat. Nah itulah penjelasan sederhana mengenai fungsi dan keuntungan RAM berkapasitas besar pada smartphone. Jika ada pendapat lain atau ada yang perlu dikoreksi dari artikel ini, silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat 😀

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta