Langsung ke konten utama

Fitur pada Kamera HP atau Smartphone


Fitur pada Kamera HP atau Smartphone
Oleh: Gunawan | Update Terakhir: 19 September 2016 .



Fitur/ Istilah pada Kamera HP atau Smartphone. Kamera adalah suatu set alat yang terintegrasi, digunakan sebagai alat untuk menghasilkan tampilan gambar dan bisa juga untuk merakam sebuah video, banyak terdapat pada ponsel atau Smartphone sebagai fitur pelengkap.
Gambar yang dihasilkan dari kamera HP kebanyakan disimpan dalam bentuk format file JPEG, tetapi untuk jenis ponsel cerdas atau smartphone kelas atas, kamera ini mempunyai fitur untuk menyimpan file dalam bentuk lain, contohnya pada sistem operasi Android Lollipop versi 5.0 atau lebih tinggi.
Kebanyakan kamera ponsel telah dilengkapi berbagai macam fungsi dan fitur, seperti fokus otomatis, zoom digital, optikal zoom, dan fitur lainnya. Beberapa fitur kamera pada ponsel memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai kamera digital dan mampu untuk merekam video.
Resolusi kamera merupakan karakteristik paling penting yang banyak diperhatikan, diukur dalam satuan MP (megapixel) pada lensa jenis fokus otomatis dan pencahayaan singkat (flash). Untuk menghasilkan kualitas gambar atau foto yang lebih baik, maka harus didukung pula dengan ukuran Megapixel yang lebih tinggi.]

Daftar Isi:
Kamera  fixed focus  auto-focus  Macro  Digital Zoom  Optical Image Stabilization Resolution Megapix

Fitur Kamera Handphone atau Smartphone

Berikut adalah beberapa fitur dan istilah yang terdapat pada kamera smartphone:
Fokus Tetap (fixed-focus)
Fokus Tetap atau fixed-focus adalah fitur fokus dasar pada kamera ponsel yang diatur pada jarak tertentu oleh pengguna dan tidak dapat disesuaikan.
Kamera dengan fokus tetap membatasi kualitas dan jarak pemotretan yang minimum. Kamera jenis ini biasanya menggunakan lensa yang kecil, sehingga tidak memperhatikan jarak pengambilan foto terhadap kamera.
Fokus Otomatis (auto-focus)
Fokus otomatis atau auto-focus adalah fitur digital yang terdapat pada kamera ponsel, memungkinkan untuk memperjelas foto atau gambar secara otomatis.
Auto-focus dapat meningkatkan kualitas foto lebih baik dari kamera dengan tipe fixed-focus dan memungkinkan untuk mengambil gambar pada jarak yang lebih dekat (makro). Kamera Ponsel jenis ini menggunakan pasif auto-focus disesuaikan kontras dan kondisi pencahayaan disekitarnya.
Makro (Macro)
Makro atau Macro adalah istilah yang digunakan untuk pengambilan gambar jarak dekat terhadap kamera ponsel. Mode makro memungkinkan pengambilan gambar atau foto dari jarak yang sangat pendek, misalnya foto close-up, dimana jenis ini biasanya dilengkapi dengan fitur fokus otomatis (auto-focus).
Digital Zoom
Digitial Zoom adalah fitur umum yang terdapat pada kamera ponsel, digunakan untuk membuat subjek tampak lebih dekat terhadap kamera. Kamera pada ponsel biasanya memiliki fitur zoom, tetapi yang paling sering yaitu digital zoom.
Digital zoom memiliki fungsi:
·        Cropping adalah fungsi untuk memotong gambar sehingga tampak lebih besar di layar           SmartPhone, namun kualitas yang dihasilkan lebih kecil dari resolusi foto maksimal.
·         Optical Zoom adalah fitur yang banyak terdapat pada kamera Smartphone yang membuat       gambar tampak lebih dekat daripada yang sebenarnya, menghasilkan efek pembesaran           memakai satu set lensa optik – optical zoom.
OIS (Optical Image Stabilization)
OIS adalah singkatan atau kepanjangan dari Optical Image Stabilizer atau Optical Image Stabilization. Ini merupakan mekanisme yang digunakan dalam kamera atau video kamera yang memiliki kemampuan untuk menstabilkan gambar yang ditampilkan atau direkam dengan memvariasikan jalur optik ke sensor.
Teknologi ini diimplementasikan dalam lensa itu sendiri. Fitur ini beroperasi dengan menggerakkan sensor sebagai elemen terakhir dalam fungsi optik. Elemen kunci dari semua sistem stabilisasi optik adalah bahwa alat tersebut menstabilkan gambar yang diproyeksikan pada sensor sebelum sensor mengkonversi gambar menjadi informasi digital.
Resolusi (Resolution)
Resolusi atau Resolution adalah suatu istilah kualitas yang mengacu pada jumlah piksel pada layar atau lensa kamera.
Resolusi yang lebih tinggi artinya mempunyai jumlah pixsel lebih banyak, dimana dapat memberikan kemampuan untuk menghasilkan visual yang lebih jelas, lebih detail dan lebih rinci.
MP (Megapixel)
MP adalah singkatan dari Megapixel, dimana Mega merupakan satuan juta, Pixel berasal dari kata pix untuk gambar dan el untuk elemen, yang kemudian disingkat jadi juta-pixel.
Pixel adalah suatu unit untuk mengukur resolusi kualitas gambar, dimana lebih banyak pixel berarti lebih jelas, lebih rinci, dan lebih detail. Sebuah pixel merupakan bagian terkecil dari informasi yang terdapat pada suatu gambar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta