Langsung ke konten utama

Apa Itu DNA dan RNA

 


Perbedaan DNA dan RNA yang Berhubungan dengan Informasi Dasar Manusia

Tyas Wening - Selasa, 22 Oktober 2019 | 14:00 WIB

 

Bobo.id - Meskipun ukurannya sangat tipis, sehelai rambut kita ternyata menyimpan berbagai informasi tentang diri kita, lo, teman-teman.

Hanya dari sehelai rambut, bisa diketahui jenis kelamin, perkiraan usia, bahkan hubungan keluarga dengan keluarganya.

Hal ini disebabkan karena meskipun hanya sehelai, tapi rambut membawa DNA yang mengandung berbagai informasi diri kita.

Namun di tubuh manusia tidak hanya ada DNA saja yang menyajikan berbagai informasi mengenai seseorang.

Selain DNA, di dalam tubuh manusia juga ada RNA yang bisa menjadi sumber informasi tubuh manusia.

Wah, kalau DNA dan RNA sama-sama memberikan informasi penting mengenai tubuh manusia, lalu apa perbedaan DNA dan RNA, Bo?

Yuk, kita cari tahu apa itu DNA dan RNA, serta perbedaan keduanya!

Menyimpan Berbagai Informasi Diri Manusia, Apa Itu DNA dan RNA?

Teman-teman pasti sudah pernah mendengar tentang DNA yang digunakan untuk mengetahui berbagai informasi dasar mengenai diri seseorang.

Selain DNA, di dalam tubuh manusia juga ada RNA. Namun bedanya, RNA tidak sering disebutkan untuk mengetahui informasi dasar manusia.

Wah, sebenarnya apa itu DNA dan RNA yang ada dalam tubuh manusia, ya?

DNA adalah asam deoksiribonukleat, yang namanya diambil dari bahasa Inggris, deoxyribonucleic acid.

Sedangkan RNA adalah asam ribonukleat atau ribonucleic acid dalam bahasa Inggris.

Nah, DNA dan RNA ini merupakan dua jenis utama dari asam nukleat, yaitu sel besar di dalam tubuh yang sangat rumit.

Asam nukleat dinamakan demikian karena letaknya yang ada dalam inti atau nukleus sel, dan bisa ditemukan pada semua sel hidup maupun virus.

Baik DNA dan RNA ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Friedrich Miescher dari Swiss pada 1869 setelah menemukan asam nukleat.

DNA diketahui sangat berhubungan dengan keturunan, sedangkan RNA memiliki fungsi yang cukup berbeda dengan DNA.

Karena sifat DNA yang berhubungan dengan keturunan inilah, maka DNA sering digunakan untuk mengetahui informasi dasar manusia dan dicocokkan dengan DNA keluarganya, seperti orang tua.

Ada Berbagai Perbedaan DNA dan RNA

Meskipun keduanya terbentuk dari zat yang sama, yaitu asam nukleat, ada beberapa perbedaan DNA dan RNA yang cukup besar, lo, teman-teman.

Perbedaan DNA dan RNA ada pada fungsi, letak, sampai kadar atau jumlahnya dalam tubuh.

Yuk, cari tahu apa saja perbedaan DNA dan RNA dalam tubuh manusia!

1. Perbedaan Fungsi DNA dan RNA

Perbedaan DNA dan RNA yang pertama adalah pada fungsi keduanya bagi tubuh manusia, teman-teman.

DNA berfungsi sebagai penyimpanan informasi genetik manusia dalam jangka panjang.

Selain itu, DNA juga digunakan sebagai alat transportasi informasi genetik untuk membuat sel dan organisme baru.

Sedangkan RNA digunakan untuk melakukan transfer kode genetik dari inti sel ke setiap butiran sel.

Nah, transfer kode genetik ini membuat RNA memiliki tugas untuk mengendalikan sintesis atau pencampuran dan pembentukan protein.

Perbedaan fungsi ini membuat DNA memiliki fungsi dan peran yang lebih rumit atau sulit di dalam tubuh kita, lo.

Singkatnya, DNA berisi dan membawa berbagai informasi dasar yang penting dalam tubuh dari generasi ke generasi berikutnya yang diturunkan.

Berbeda dengan DNA, RNA berfungsi untuk mengirimkan informasi genetik dan mengendalikan protein dalam tubuh.

Meskipun RNA memiliki fungsi yang kelihatannya lebih sederhana, tapi RNA sangat dibutuhkan agar DNA dapat berfungsi, lo.

2. Letak DNA dan RNA Juga Berbeda

Selain memiliki perbedaan pada fungsi, letak DNA dan RNA juga berbeda, teman-teman.

DNA umumnya hanya dapat ditemukan pada inti sel atau nukleus saja.

Sedangkan RNA bisa ditemukan di beberapa bagian sel, mulai dari nukleus atau inti sel, sitoplasma atau bagian sel yang terbungkus membran atau lapisan sel, maupun bisa ditemukan di ribosom atau butiran sel.

3. Perbedaan Bentuk dan Ukuran

Saat diteliti, perbedaan paling jelas dari DNA dan RNA adalah bentuk dan ukurannya, teman-teman.

DNA merupakan kelompok dari asam amino dengan rantai ganda, sedangkan RNA adalah kelompok asam amino dengan rantai tunggal.

Hal ini membuat ukuran DNA lebih panjang dibandingkan dengan RNA.

Selain itu, DNA yang lebih panjang juga memiliki bentuk membulat, sementara RNA lebih pendek dengan bentuk yang lebih tipis.

4. Cara Produksi dalam Tubuh

DNA dalam tubuh dapat diproduksi atau bermunculan dengan cara memperbanyak dirinya sendiri, teman-teman.

Sementara RNA akan memperbanyak dirinya dari DNA berdasarkan kebutuhan tubuh.

Nah, cara produksi DNA dan RNA ini berhubungan dengan kadar atau jumlah masing-masing dalam tubuh individu.

Di dalam tubuh manusia, jumlah atau kadar RNA akan berubah karena adanya aktivitas perpaduan protein.

Sedangkan jumlah DNA sifatnya tetap karena tidak dipengaruhi aktivitas percampuran protein maupun aktivitas genetis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta