Langsung ke konten utama

Tentang Asam Tubuh

 

Tanda-Tanda Kadar Asam Tubuh Terlalu Tinggi yang Sering Disepelekan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum | Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Terakhir diperbarui: 15/04/2019 . 


Kadar asam di dalam tubuh bisa terlampau tinggi. Kondisi ini dikenal sebagai asidosis. Meski tampak sepele, peningkatan kadar asam di dalam tubuh ini nantinya dapat mengganggu metabolisme, fungsi organ tubuh lainnya, hingga menimbulkan masalah kesehatan yang berpotensi mengancam nyawa.


Apa yang dimaksud dengan kondisi tubuh terlalu asam?

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, kadar pH tubuh normal tidak boleh lebih rendah dari 7,35 tapi juga tidak boleh melebihi 7,45. Atau dengan kata lain, kadar pH tergolong asam ketika kurang dari 7,35 dan bersifat basa jika lebih dari 7,45.

Berbagai proses penting di dalam tubuh biasanya menghasilkan sejumlah asam yang nantinya akan dinetralisir oleh paru-paru dan ginjal. Namun, lain ceritanya ketika ginjal dan paru-paru tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya untuk menjaga keseimbangan pH tubuh.

                                                dada sakit saat pms


Apa saja tanda pH tubuh terlalu asam?

Karena pH tubuh terlalu asam ternyata cukup berbahaya, sebaiknya segera kenali tanda umum yang biasanya muncul dari kondisi ini. Mulai perubahan pada area gigi dan mulut, seperti air liur terasa asam, timbul sariawan, peradangan pada gusi, hingga gigi menjadi lebih sensitif terhadap makanan yang terlalu panas dan dingin.

Selain itu, kulit biasanya akan tampak lebih kering, gatal, dan mudah mengalami iritasi. Rambut yang tadinya terlihat sehat, bisa lebih gampang rontok, kusam, dan, bercabang, serta kuku akan lebih mudah patah. Perubahan juga bisa tampak dari mata, yang lebih mudah mengalami peradangan serta iritasi.

Terlepas dari tanda umum tersebut, kondisi pH tubuh terlalu asam (asidosis) sebenarnya terbagi menjadi 2 jenis dengan masing-masing ciri khas yang tidak terlalu sama.

1. Asidosis respiratorik

Asidosis respiratorik adalah kondisi yang terjadi saat karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan oleh paru-paru tidak mampu dikeluarkan sepenuhnya oleh tubuh saat mengembuskan napas. Akibatnya, tubuh menyimpan terlalu banyak CO2. Kondisi ini biasanya disebabkan berbagai hal seperti asma, obesitas, minum alkohol berlebihan, kelemahan otot dada, dan masalah pada sistem saraf.

Beberapa gejala asidosis respiratorik yaitu:

Mudah lelah

Mudah mengantuk

Linglung (susah berpikir jernih)

Sesak napas

Sakit kepala

Jika tidak segera diobati, asidosis respiratorik dapat berkembang lebih parah bahkan hingga menyebabkan koma atau kematian.

2. Asidosis metabolik

Berbeda dengan asidosis respiratorik yang disebabkan oleh masalah paru-paru, asidosis metabolik adalah menumpuknya asam di dalam tubuh karena ginjal tidak berfungsi secara optimal. Entah karena tidak mengeluarkan sejumlah asam yang sudah tidak dibutuhkan atau karena membuang basa terlalu banyak. Kondisi yang menyebabkan asidosis metabolik di antaranya ketoasidosis diabetikum, diare, dan asidosis tubular renal.

Beberapa gejala asidosis metabolik meliputi:

Kelelahan parah

Mual

Muntah

Sakit kepala

Linglung (sulit berpikir jernih)

Napas pendek dan lebih cepat

Nafsu makan menurun

Penyakit kuning

Detak jantung meningkat

Tidak jauh berbeda dengan asidosis respiratorik, asidosis metabolik juga bisa mengakibatkan koma atau kematian jika tidak cepat ditangani.

                                                     air alkali

Mengatasi kadar asam tubuh terlalu tinggi

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk membuat kadar pH kembali normal bisa berbeda-beda, tergantung dari penyebab serta jenis asidosis yang Anda alami. Meski begitu, semua upaya tersebut sama-sama bertujuan untuk menurunkan kadar asam di dalam tubuh.

Ambil contoh, penanganan untuk asidosis respiratorik lebih ditujukan agar fungsi paru-paru bisa kembali seperti semula. Dokter dapat memberikan obat untuk melebarkan saluran pernapasan atau memasang alat CPAP (continuous positive airway pressure) guna memudahkan pernapasan.

Sementara untuk asidosis metabolik, dokter mungkin memberikan natrium bikarbonat dengan cara diminum (oral) atau melalui cairan infus. Dokter juga bisa memberikan oksigen atau obat antibiotik.

Biasanya, Anda akan dianjurkan untuk menghindari mengonsumsi minuman dan makanan asam seperti kopi, alkohol, keju, mentega, soda, buah jeruk, serta makanan olahan (kornet, nugget, dan sosis). Sebagai gantinya, perbanyak mengonsumsi sumber makanan dengan pH basa meliputi telur, madu, kacang kedelai, sayur-sayuran, dan beberapa jenis buah-buahan.

Tidak hanya sampai di situ, Anda bisa membantu menyeimbangkan kadar pH yang asam dengan rutin minum air yang mengandung pH 8+. Bukan sekadar membantu menetralisir asam di dalam tubuh, air minum yang memiliki pH 8+ juga dapat menjaga keseimbangan kadar pH tubuh.

Penelitian dalam Journal of The International Society of Sports Nutrition juga membuktikan bahwa minum air minum dengan pH di atas 8 bisa menjaga hidrasi tubuh lebih baik daripada air minum biasa, sehingga Anda tidak mudah kekurangan cairan.

Bagi Anda yang punya tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi, minum air yang mengandung pH 8+ bisa membantu mengatasi keluhan yang dirasakan, menurut penelitian dari Shanghai Journal of Preventive Medicine.

Menariknya lagi, air minum dengan pH 8+ mengandung molekul air yang sangat kecil (mikromolekul) agar lebih mudah diserap oleh tubuh. Jadi, pastikan Anda senantiasa menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya dengan rutin minum air yang mengandung pH 8+, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, serta berolahraga rutin.


Baca Juga:

Pentingnya Menjaga Kadar pH Tubuh Tetap Seimbang (Berapa pH Tubuh yang Ideal?)

Hati-hati! Makanan Asam Membuat pH Tubuh Juga Menjadi Asam

Penyebab Tubuh Mengalami Asidosis, Ketika Cairan Tubuh Terlalu Asam


https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/tanda-ph-tubuh-terlalu-asam/#gref



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta