Langsung ke konten utama

Fitur kamera smartphone

 


Istilah dan Fitur Kamera Smartphone yang Wajib Kamu Tahu

Posted on March 23, 2017 by admin

Kamu penggemar selfie? Atau hobi foto ala Instagram lewat smartphone-mu? Tapi tahukah kamu semua istilah dan fitur kamera smartphone? Padahal fitur yang ada di dalamnya memiliki berbagai fungsi dan bermanfaat buat foto kamu makin kece! Bagi kamu yang belum yakin tahu semua, sebaiknya langsung saja cari tahu lebih lengkap penjabaran fitur kamera smartphone di bawah ini.

Fitur Kamera Smartphone

Scene


Sumber: PublicDomainPictures


Sebagai pemula dalam melakukan aktivitas memotret, fitur kamera smartphoneyang dapat memudahkanmu adalah dengan menyesuaikan scene yang cocok terhadap subjek foto.

Scene sendiri merupakan pengaturan otomatis yang hanya dapat dipilih, namun tidak dapat diatur lebih lanjut. Alasan ini pula yang membuat fitur Scene tidak ada di kamera DSLR karena lebih ditujukan kepada fotografer profesional yang memerlukan kebebasan.

Sebagai contoh, jika kamu sedang memotret objek yang bergerak relatif cepat bisa memilih Sport. Scene ini memiliki shutter speed yang tinggi serta object tracking yang mengikuti pergerakannya.



Sumber: Unsplash


Sumber: depaulus

Sedangkan scene Close-up tersedia buat kamu yang hendak memotret objek dengan jarak di bawah 30cm (foto serangga, bunga atau objek kecil lainnya), untuk hasil yang lebih fokus.

Scene lainnya yang biasanya ada di smartphone: Night Scene, Panorama, Firework, dan lainnya.

Filter


Sumber: Pexels


Berbeda dengan scene yang lebih berfokus pada mode dalam pengambilan foto, filter adalah alternatif warna atau tampilan pada foto yang diatur hingga memiliki tema tertentu.

Semakin berkembangnya aplikasi selfie, semakin banyak pula opsi dari filter yang dapat dipilih. Sebut saja seperti filter Sketch yang membuat objek foto seolah menjadi gambar hasil goresan pensil.



Sumber: Madlccy

Filter hitam putih yang membuat hasil foto tampak jadul

fitur kamera smartphone


Sumber: Michael Gaida

Biar nggak bosan, kamu bisa mencoba ratusan jenis filter lainnya melalui berbagai aplikasi selfie di Google Playstore.

Aperture


Sumber: 27707

Buat kamu yang telah mahir menggunakan kamera DSLR, tentu sudah familiar dengan fitur kamera smartphoneyang satu ini. Aperture adalah level dari bukaan diafragma pada lensa kamera. Nilai dalam aperture biasanya dilabeli dengan F/(angka) seperti F/2.6, F/11, dst. Lalu apa maksudnya?

Angka yang terdapat di belakang sebenarnya menunjukkan seberapa besar level keterbukaan diafragma pada kamera. Semakin besar angka tersebut, maka semakin kecil diafragma yang terbuka, dan begitu sebaliknya. Nah, pertanyaan berikutnya apa hubungannya dengan teknik mengambil gambar?

Jika mengatur nilai aperture menjadi kecil, maka cahaya yang masuk ke lensa akan banyak sehingga fokus gambar akan lebih merata. Sedangkan dengan aperture besar, gambar akan lebih berfokus pada objek yang berjarak lebih dekat dengan bidikan kamera, sehingga membuat objek di belakang memiliki kesan blur.

Buat kamu yang ingin mengeksplorasi penggunaan fitur Aperture melalui kamera android, bisa mencoba smartphone Luna dengan kamera berkualitas tinggi ini.

Contrast


Sumber: dimitrisvetsikas1969


Khususnya buat kamu yang hobi mengedit foto, pasti cukup sering mengotak-atik level kontras bukan? Tapi, apa maksud dari fitur kamera smartphoneyang satu ini?

Kontras sebenarnya merupakan tingkat perbedaan warna terang vs warna gelap. Untuk mudah memahami, pada foto siluet pohon di saat sunset, biasanya menggunakan tingkat kontras yang tinggi. Dengan perbedaan kedua jenis warna (terang dan gelap) yang mencolok, indahnya pemandangan semakin menonjol.

Sharpness


Sumber: cowins

Mungkin pernah terbesit di pikiran, kalau semakin tajam atau tinggi sharpness dari sebuah foto, semakin bagus pula hasil sebuah foto. Namun sayangnya, pendapat tersebut nggak selalu benar. Seperti fitur kamera smartphone lainnya, penggunaan tingkat sharpness juga perlu disesuaikan dengan objek foto.

Sebagai contoh, ketajaman yang tinggi diperlukan di saat mengambil foto pemandangan untuk menonjolkan detail seperti dedaunan, aliran air, dan lainnya. Sedangkan pada sesi pemotretan kecantikan, fitur ketajaman justru akan menampilkan jerawat, pori-pori wajah, atau detail lainnya yang tentunya kurang diminati.

Nah, itu dia beberapa istilah dan fitur kamera smartphone yang wajib kamu ketahui. Buat kamu yang nggak sabar pengen nyobain jeprat-jepret tapi kualitas kamera smartphone kurang mendukung, jangan khawatir. Karena di tahun 2017 ini, semakin banyak smartphone berkualitas dengan budget yang ramah di kantong. Salah satunya Luna Smartphone!


Sumber Gambar: Pixabay

Posted in PhotographyTagged android smartphone, contrast, sharpness

Post navigation

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video By Santanu Saputra   On May 8, 2017   7,624 Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut. Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu. Pengertian dan Jenis Format File Video Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, s

Penjelasan Tentang Kualitas Video

PENJELASAN TENTANG KUALITAS HD , FULL HD , LQ , 720P , 360P , 240P , 3GP , MP4 , FLV , DAN LAINNYA HD : kualitas sudah tinggi , cocok buat agan yang pake tablet , atau hp android dan smartphone lainnya   FULL HD : buat agan yang pake PC / LAPTOP , karena kualitas oke punya ,, dan ukurannya juga gede alias tinggi 3GP : sebuah format suatu video , cocoknya buat agan yang pake HP biasa saja ,,hehe , karena video 3gp kualitasnya dibawah standar 360p : dianjurkan buat hp yang punya layar dan resolusi cukup tinggi agar puas nontonnya dan lancar , contohnya android , iphone , nokia symbian touchscreen ,, bisa juga lewat komputer / PC soalnya ukurannya lebih rendah dibanding video ber resolusi 720p 720p : buat tablet atau komputer 240p : lebih cocok buat HP , kalau diputar lewat PC ga bisa full , malah gambar hancur 144p : kualitas ini rendah banget , cocoknya buat agan yang kuota minim , lumayan lah kalau diputar di hp biasa yang bukan touchscreen MP4 : sama sepert

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah Senin, 18 Mei 2015 - 15:03 WIB Kandungan dan setiap kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf al-Qur’an memiliki daya i’jaz atau juga the power of mukjizat 10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah MERASAKAN kelembutan dan kehalusan bahasa Al-Qur’an menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang beriman ketika membacanya. Sebab selain makna dan kandungannya yang berlaku sepanjang masa hingga Hari Kiamat, Al-Qur’an juga memiliki daya i’jaz (the power of mukjizat) pada setiap pemilihan kalimat, kata, serta dalam deretan huruf-huruf Al-Qur’an sekalipun. Sensani lathaif at-tafsir lughawiyah (kehalusan tafsir) tersebut dilukiskan secara detail oleh Mufassir Muhammad Ali ash-Shabuni ketika menerangkan kelembutan ayat-ayat dalam Surah al-Fatihah. Hal ini bisa dibaca lebih jauh dalam kitab Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an (Cetakan Dar ash-Shabuni, Kairo: 2007, cetakan pertama). Berikut penjelasannya: Kesatu : Allah Ta’ala memerinta